Macam-Macam Bunga Perbankan

Dalam Dunia Perbankan, ada terdapat 3 macam Bunga yang saya ketahui yaitu Bunga Sederhana (Simple Interest), Bunga Diskon (Discount Interest), dan juga Bunga Majemuk (Compound Interest).

1. Bunga Sederhana (Simple Interest).
Bunga sederhana ini adalah bunga dengan kalkulasi satu kali saja. Bunga ini biasanya di bayar diakhir periode perjanjian atau kontrak. Bunga yang dibayarpun juga sesuai dengan tingkat bunga yang sesuai dengan perjanjian atau kontrak.

Perhitungan bunga ini sangat sederhana, anak SD kelas 6 pun mungkin juga bisa menghitungnya. Rumus yang dipakai adalah:
I\:=\:P\times\:r\times\:t
Dimana I adalah jumlah bunga yang dibayarkan, P adalah pokok simpanan kita, r adalah tingkat bunga menurut kontrak/perjanjian, sedangkan t adalah lamanya waktu simpanan kita.

Kebanyakan investasi pada saat ini tidak lagi menggunakan sistem penghitungan bunga sederhana seperti ini. Hanya beberapa tipe obligasi saja yang masih menggunakan penghitungan bunga seperti ini.

Contoh dari bunga seperti ini adalah misalnya sebuah obligasi dengan bunga 12\frac{1}{2}% yang mempunyai harga face value $1000 dan bunga dibayarkan setiap tahun atau sebesar $125 per tahun. Setelah lima tahun total bunga yang dibayarkan adalah:
I = 1000 X 0,125 X 5 = $625
2. Bunga Diskon (Discount Interest)
Sebuah situasi kredit yang unik di mana tingkat suku bunga ditentukan, dan kemudian persentase yang dihapus dari jumlah pinjaman, dan peminjam diberikan sisa pinjaman. Semua bunga yang dibayarkan sekaligus, di awal. Misalnya, dalam skenario bunga diskonto, jika peminjam sebuah meminjam $ 1000 dengan tingkat bunga 5%, $ 50 dalam bunga dihapus di awal, dan peminjam dapat meminjam $ 950.

3. Bunga Majemuk (Compound Interest)
Bunga majemuk ini adalah bunga yang didapatkan dari sebuah investasi yang dibayarkan pada interval waktu yang seragam. Semua bunga yang dibayarkan adalah dihitung berdasarkan pokok simpanan ditambah dengan akumulasi bunga yang didapat sebelumnya.