Memahami dan Menerapkan Pola Keseimbangan hidup

Suatu ketika Seorang Mantan Ceo Sebuah Perusahaan yang Terkenal "Brian Dyson" berbicara dalam satu Megaconfrence. Dalam pidatonya Brian Dyson mengutarakan Hidup ini Seperti Permainan Akrobat dengan 5 bola di udara. 

Dengan Perkataan Brian Dyson tersebut, Kita bisa mengambil sebuah kesimpulan, bahwa 5 bola tersebut kita kaitkan dengan : 1. Pekerjaan 
2. Keluarga 
3. Kesehatan 
4. Pergaulan 
5. Semangat 

Dari kelima kaitan di atas, maka kita harus menjaga semua Bola tersebut tetap berada di udara dan jangan sampai salah satu diantara kelima bola tersebut terjatuh, Terkecuali, kalaupun Pada saat situasi yang mengharuskan kita untu melepaskan salah satu bola diantara yang kelima bola tersebut, Sebaiknya anda berpikir dan lepaskanlah Pekerjaan Anda, Alasanya kita bisa membayangkan bahwa pekerjan itu adalah seperti bola yang terbuat dari karet, Pada saat anda menjatuhkan bola karet tersebut, walaupun posisi bola tersebut berada di posisi paling tertinggi maka suatu saat bola tersebut akan melambung kembali ke atas.

Tetapi kita bisa bayangkan Jika 4 bola lainnya yang istilahnya seperti diatas, Keluarga, Kesehatan, Pergaulan dan semangat adalah berupa bola yang terbuat dari Kaca, maka jika anda menjatuhkannya niscaya Bola tersebut tidak akan bisa kembali lagi ke posisi asalnya dan akan berakibat fatal pada kehidupan anda. 

Brian Dyson kemudian mengajak kita untuk hidup secara seimbang, pada kenyataanya kita terlalu menjaga pekerjaan (Bola Karet), bahkan demi bola karet tersebut kita terkadang rela mengorbankan ke 4 bola lainnya seperti yang saya katakan diatas. semua itu anda lakukan hanya demi menyelamatkan bola karet atau pekerjaan anda. 

Sebagai Contoh yang paling Real dalam kehidupan kita : 
1. Demi uang atau satu pekerjaan kita sering mengabaikan Keluarga. 
2. Demi Mencapai kesuksesan pada posisi pekerjaan, kita sering melupakan kesehatan. 
3. Demi Uang atau pekerjaan, kita lupa dan sering meninggalkn atau melupakan pergaulan atau hubungan yang baik dengan teman-teman dekat kita. 

Perlu kita pahami, bahwa sebenarnya Pekerjaan itu juga sangat penting, tetapi jangan sampai demi uang dan posisi atau jabatan membuat kita lupa akan kehidupan kita yang lebih bermakna. ingatlah, jika kita kehilangan uang atau pekerjaan selama keluarga, sahabat, kesehatan, Semangat masih melekat pada diri kita, maka kita masih belum merasakan kehilangan, tetapi jika diantara ke 4 bola tersebut hilang dari kehidupan kita, maka suatu suatu saat penyesalan yang akan kita terima, walaupun kita sudah memiliki uang segunungpun, tetapi ke 4 bola tersebut tidak akan dapat kita beli. Maka dari itu, jadikanlah hidup anda penuh dengan keseimbangan dan jadikan itu sebagai prioritas utama dalam hidup kita. Motivasi hidup setiap orang seharusnya diisi dengan ke 5 bola tersebut diatas, sehingga keseimbangan hidup akan menjadi milik kita sepanjang masa.