Riwayat Adam Smith sebagai tokoh yang berperan dalam perkembangan Ekonomi

Gambar. Adam Smith
Biography Adam Smith
Adam smith anak seorang pegawai negeri, lahir di kirkcaldy, dekat Edinburgh. Adam smit merupakan Bapak Aliran Klasik. Dalam bukunya yang terkenal “The Wealth of Nation’s (1776, bertepatan dengan berdirinya Negara Amerika Serikat ) smit menjelaskan apa yang sejak dulu menjadi masalah pokok ekonomi, yaitu bagaimana meningkatkan kekayaan/kemakmuran suatu Negara dan bagaimana kekayaan tersebut didistribusikan.

Menurut smith, satu-satunya sumber kekayaan suatu Negara adalah produksi. Artinya, semakin banyak produksi akan semakin kaya/makmur suatu Negara. Produksi yang semakin banyak dapat diciptakan melalui spesialisasi kerja dapat meningkatkan produksi. Sebuah konsep yang melampaui zaman.
"Sumber : Lima puluh pemikir Ekonomi Dunia"

Adapun Masalah-Masalah Pokok Ekonomi dapat dibagi menjadi :
1. Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Klasik
Menurut teori ilmu ekonomi klasik, masalah pokok ekonomi masyarakat dapat digolongkan kepada tiga permasalahan penting, yaitu :
a. Masalah Produksi
b. Masalah Distribusi
c. Masalah Konsumsi

2. Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Modern.
Para ahli ekonomi modern sepakat bahwa dengan sumber daya yang tersedia, paling sedikit ada tiga masalah pokok yang dihadapi setiap perekonomian dan harus dipecahkan oleh masyarakat sebagai subjek ekonomi.
a. Barang dan Jasa apa yang akan diproduksi dan berapa banyak ?(what and how much ?)
b. Bagai Mana cara memproduksi ? (How?)
c. Untuk Siapa Barang dan Jasa Dihasilkan ? (for whom?)