Pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri SNMPTN Tahun 2012

Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010.

Adapun Latar Belakang dari Tata Cara Seleksi Untuk Memasuki Perguruan Tinggi Negeri dengan Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan merupakan salah satu jalur SNMPTN yang diharapkan mampu memprediksi keberhasilan calon mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu di perguruan tinggi. Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Disamping itu, soal SNMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bidang Studi Dasar, Tes Bidang Studi IPA, dan Tes Bidang Studi IPS. Ujian Keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan dalam bidang ilmu Seni dan Keolahragaan.

Dengan Cara Seleksi untuk memasuki Perguruan tinggi Negeri seperti ini adalah bertujuan,
1. Menjaring calon mahasiswa yang diprediksi berhasil menyelesaikan studi di
perguruan tinggi.
2. Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu program studi
di PTN
3. Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas
wilayah tanpa harus memperhatikan kesamaan lokasi antara calon peserta dan PTN
yang dipilih.

Artikel ini Hanya Kutipan dari Situs resmi SNMPTN sebagai langkah-langkah untuk penginformasian tentang pendaftaran SNMPTN. Dan Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman resmi http://www.snmptn.ac.id. Atau dapat juga diperoleh melalui Twitter SNMPTN: @2012snmptn, Facebook (http://www.facebook.com/groups/snmptn), http://halo.snmptn.ac.id.