Cara Memilih Sekolah Yang Paling Tepat

Terkadang Kita Bingung Untuk Memilih Sekolah, kita butuh sekolah yang memang benar-benar mendukung bukan hanya sekedar tempat bersekolah atau menuntut ilmu.
Banyak sekolah-sekolah yang tersebar di kota mana kita tinggal. Untuk itu kita harus benar-benar memilih kesekolah mana kita harus meneruskan Pencarian ilmu atau bersekolah. terkadang sebagai orang tua juga harus lebih tepat memberi saran kepada anak agar tidak salah memilih sekolah tempat dia untuk menuntut ilmu..

Untuk itu, disini saya ingin berbagi "Tips cara memilih Sekolah yang tepat",
Lokasi sekolah yang terlalu jauh dari rumah/tempat tinggal kita, membuat kita terlalu banyak mengeluarkan energi untuk menempuh perjalanan ke sekolah, ini salah satu yang akan mengurangi niat belajar kita karena cukup lelah untuk menempuh jarak ke sekolah. Selain niat belajar, jarak tempuh dari tempat tinggal kita juga akan memperngaruhi konsentrasi terhadap materi-materi pelajaran yang diberikan guru.

Selain itu, kita juga akan selalu dibebani oleh biaya untuk menempuh ke sekolah, seperti contoh, Biaya transportasi, semakin jauh jarak yang kita tempuh untuk menuntut ilmu.. maka semakin besar pula biaya transportasi yang harus kita keluarkan. Untuk itu. Dalam memilih sekolah pertimbangan pada lokasi sekolah itu sangat penting. Selain itu juga akan lebih terkontrol oleh perhatian orang tua.
Dari beberapa sekolah yang ada di kota anda atau daerah anda, anda harus lebih jeli untuk mengetahui biaya dan fasilitas yang ada disekolah tersebut.
Karena mungkin anda tidak akan mau menyianyiakan biaya sekolah anda hanya untuk sekedar belajar di dalam kelas saja atau hanya materi dari Guru-guru pengajar. Sebaiknya sebelum menentukan sekolah, anda harus lebih mengetahui biaya dan fasilitas apa saya yang ada disekolah tersebut
Masing-masing sekolah memiliki kurikulum dan metode pangajaran yang berbeda. Ada sekolah yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar, ada yang sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris, ada pula yang bilingual.
Ada yang menggunakan kurikulum nasional dari DIKNAS, ada pula yang menggabungkannya dengan keagamaan. Ada sekolah yang menuntut para siswa untuk duduk di dalam kelas, ada pula yang sebagian besar porsi kegiatannya dilakukan di Alam Bebas. Misi dan visi tiap sekolah juga berbeda-beda.
Pilihlah sekolah yang menurut Anda cocok dengan kepribadian Anda, jika Anda merasa diri anda aktif dan tidak betah duduk diam di dalam kelas, mungkin akan lebih tepat jika anda bersekolah di sekolah alam.
Pemilihan sekolah ini juga dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda ingin lebih berani mengungkapkan pendapat, maka Anda dapat memilih sekolah yang lebih banyak menekankan kegiatan diskusinya antara guru dan siswa.
Tips memilh sekolah yang terakhir namun juga penting adalah memilih sekolah yang aman dan nyaman bagi Anda. Perhatikan terlebih dahulu beberapa sekolah yang menjadi pilihan Anda beserta keunggulannya. Rasakan bagaimana perasaannya saat berada dilingkungan sekolah tersebut. Perhatilkan pula bagaimana keamanan di sekolah tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Bagi Anda, tidak ada salahnya Ikut ke acara Open House dan Trial Class yang biasanya diadakan beberapa sekolah menjelang penerimaan siswa baru. Perhatikan bagaimana para guru bersikap pada Siswa-siswinya dan sebaliknya, bagaimana Anda bersikap pada mereka.
Keamanan dan kenyamanan adalah hal penting karena andalah yang nantinya menghabiskan sebagian waktunya di sekolah. Anda sebaiknya belajar di sekolah yang terasa seperti Rumah kedua bagi Anda, agar tidak merasa tertekan dan belajar dengan terpaksa.

Mudah-mudahan dengan anda memperhatikan Cara memilih Sekolah diatas..
Anda tidak akan salah pilih dalam memilih tempat atau sekolah untuk menimba ilmu.